Berdasarkan laporan dari RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dan UPTD Puskesmas Mandiraja 1 tentang Penderita Demam Berdarah Dongue (DBD) di Desa  Mandiraja Wetan RT 03/ RW II, Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah kasus 2 orang positif DBD.

Setelah dilakukan penyelidikan Epidemiologi di Lingkungan sekitar penderita dengan radiuskurang lebih 100 m2, ditemukan 8  Penderita dengan gejala yang sama dengan sebelumnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan pengendalian vektor Nyamuk penular DBD dilokasi tersebut, dengan cara :

  1. pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) baik disetiap rumah maupun lingkungan yang wajib dikerjakan oleh warga Desa Mandiraja Wetan sekurang kurangnya 1 minggu sekali
  2. pemberantasan nyamuk dewasa, dengan cara Fogging yang harus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara yang sudah dilaksanakan kemaren pada hari Kamis, 29 November 2018 (Siklus Kedua) dimulai pukul 06.00 s/d selesai dilokasi yang sudah disurvey/ dipetakan yaitu di Mandiraja Wetan RT 02/ RW 02, RT 03/ RW 02, RT 04/ RW 02, RT 06/02, RT  05/ RW 01, dan RT 06 yang masuk radius dari kasus/ penderita.
  3. Penanganan dan rujukan, Pendidikan Kesehatan baik perorangan maupun kelompok serta koordinasi Pemantauan Jentik wajib dilakukan oleh UPTD Puskesmas Mandiraja 1.

Untuk kelancaran pelaksanaan, Kepala Desa Mandiraja Wetan berkoordinasi dengan Puskesmas Mandiraja 1 dan mengkoordinasikan warga pada saat fogging dilaksanakan sebagaimana petunjuk tim Fogging Kabupaten pada survey.

2 Replies to “Pelaksanaan Fogging Fokus di desa Mandiraja Wetan, Banjarnegara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *